Senin, 20 Mei 2013

penyakit kanker payudara

10 Gejala Kanker yang Kerap Diabaikan
Selasa, 19 Maret 2013

Ada beberapa gejala dari kanker yang sangat umum dan kadang membuat seseorang salah menafsirkan jenis penyakit yang dideritanya. Yaitu, kembung, nyeri pinggang, atau tekanan panggul. Jika gejala di atas Anda rasakan hanya beberapa saat saja, mungkin Anda tidak perlu merasa curiga atau takut. Namun, jika terjadi secara intens (lebih dari dua minggu) dan semakin hari kadar sakitnya semakin kuat, ada baiknya Anda langsung memeriksakan diri ke dokter. Berikut ini tanda-tanda dan gejala yang paling kanker yang seringkali terjadi.
1. Perubahan payudara
"Jika ada benjolan, sebaiknya jangan diabaikan, bahkan jika hasil mammogram Anda mengatakan normal," kata Carolyn Runowicz, MD, survivor kanker payudara dan Profesor Kebidanan dan Ginekologi di Florida International University. Puting yang bersisik atau mengelupas juga bisa diindikasikan sebagai penyakit Paget dimana sekitar 95 persen wanita yang terkena kanker mengalami tanda ini. Periksakan juga jika mengalami puting berair atau berdarah dan kulit payudara seperti kulit jeruk (dimpling). Dimpling pun sering dikaitkan dengan kanker payudara inflamasi, sel kanker agresif yang ditandai dengan bengkak, panas, payudara memerah. Selain mengecek riwayat medis Anda dan keluarga, dokter juga melakukan pemeriksaan mammogram atau USG dan mungkin biopsi.
2. Perdarahan tidak teratur
Jika Anda mengalami pendarahan (pascamenopause) setelah menopause (minimal 12 bulan tanpa haid), itu salah satu peringatan kanker. Pendarahan pada saat menopause sering dikaitkan dengan perubahan hormon. Meski demikian, ini harus dievaluasi. Setiap perdarahan, tetes kecil, atau bekuan besar pada vagina bisa saja abnormal dan harus segera diselidiki. Pendarahan seperti ini bisa mengindikasi sesuatu yang berbahaya seperti polip endometrium atau sesuatu yang lebih serius seperti kanker endometrium atau serviks. Dokter bisa menyarankan sonogram transvaginal atau mungkin biopsi.
3. Perdarahan rectal (anus)
Kanker usus besar merupakan kematian pada kanker paling umum ketiga pada wanita. Tanda yang paling umum adalah pendarahan di anus yang banyak disangka orang sebagai wasir. Dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan dubur dan kolonoskopi jika Anda sudah berusia 50 tahun atau lebih. Tapi bukannya tidak mungkin penyakit ini dialami orang muda.
4. Cairan berbau
Salah satu tanda kanker serviks adalah vagina mengeluarkan cairan berbau busuk. Cairan bisa jadi mengandung darah dan mungkin terjadi pada pra atau paska menopause. Sebaiknya Anda tidak mengobatinya sendiri dengan mengkonsumsi obat-obatan. Pemeriksaan lab  diperlukan untuk mengetahui apakah cairan ini disebabkan oleh infeksi atau sesuatu yang lebih serius.
5. Kembung
Kanker ovarium merupakan pembunuh nomor satu dalam katergori kanker organ reproduksi. "Selama bertahun-tahun, ini diketahui sebagai silent killer . Padahal kanker ovarium memiliki gejala yang jelas," ujar Runowicz. Empat gejala yang paling sering dirasakan adalah kembung sebelum makan, kencing lebih sering, serta pinggang dan panggul nyeri.
Jika Anda merasakan dua atau lebih dari gejala ini selama lebih dari dua minggu, periksakan ke dokter Anda. Biasanya pemeriksaan yang disarankan dokter adalah pemeriksaan panggul, USG transvaginal, dan mungkin tes darah CA-125 untuk memeriksa sel-sel kanker.
6. Berat badan naik atau turun drastis
Jika berat badan Anda naik atau turun secara drastis bisa jadi penyebabnya adalah akumulasi cairan dalam perut yang berhubungan dengan kanker ovarium. Menurut American Cancer Society, ini merupakan tanda pertama dari kanker dan yang paling sering dikaitkan dengan pankreas, perut, kerongkongan, atau kanker paru-paru. Namun penurunan berat badan pada wanita sering disebabkan oleh tiroid yang hiperaktif, kata Runowicz. Cek tiroid Anda untuk memastikannya.
7. Batuk terus-menerus
Jika Anda batuk terus-menerus yang tidak dikarenakan alergi atau infeksi saluran pernapasan dan berlangsung lebih dari 2 – 3 minggu, periksakan segera ke dokter. Terutama, kata Karlan, jika Anda adalah perokok aktif. "Merokok merupaka kanker pembunuh nomor satu bagi wanita perempuan," kata Beth Y Karlan, MD, Direktur Program Penelitian Kanker Perempuan di Cedars-Sinai Samuel Oschin Comprehensive Cancer Institute, Los Angeles. Lakukan X-ray paru-paru atau CT scan untuk memastikannya.
8. Kelenjar Getah Bening
"Jika kelenjar getah bening di leher atau bagian bawah lengan Anda terasa keras, periksakan ke dokter," saran Runowicz. Bengkak pada kelenjar getah bening juga bisa menjadi tanda infeksi.
9. Kelelahan
American Cancer Society mengatakan, “kelelahan ekstrim terus-menerus dan tidak hilang meski sudah beristirahat harus diwaspadai.” Leukemia, usus, atau kanker perut juga dapat menyebabkan kehilangan darah dan menyebabkan kelelahan. Lakukan pemeriksaan fisik dan tes darah untuk mengevaluasi tiroid Anda.
10. Perubahan kulit
Awasi setiap perubahan kulit yang terjadi di tubuh Anda. Hubungi dokter jika ada hal yang Anda khawatirkan. Atau, jika terjadi luka di mulut yang tak kunjung sembuh, terutama jika Anda merokok atau minum alkohol. Bisa jadi ini tanda dari kanker mulut. Perhatikan juga luka atau kulit yang teriritasi di daerah vagina. "Sebuah lesi vulva nonhealing bisa menjadi tanda kanker vulva," kata Runowicz.
Perubahan tahi lalat atau lesi berpigmen pada vulva juga dapat menandakan kanker. "Vulva melanoma sering diabaikan dan dapat bisa sangat agresif," kata Karlan. Biopsi sederhana dapat dilakukan dokter jika memang diperlukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar